Softskill Semester Akhir yang Merumitkan Dibandingkan dengan Softskill Semester Sebelumnya

Disini aku akan menceritakan pengalaman membuat penelitian softskill mata kuliah Terapan Komputer Perbankan.

Ketika aku masuk semester 6 dimana semester itu adalah semester terakhir bagi aku, aku mendapatkan tugas penelitian dari dosen softkill yang bernama Ibu Kartika sari, tugas tersebut kita harus melakukan penelitian tentang dunia perbankan. Wooowww bukan ??? Setiap bulan kita harus nyerahin bab 1, bab 2 dan itu harus dipresentasiin. Kebayang kan gimana ??? Pokoknya softskill ini bener-bener beda dari softskill yang lain. Biasanya softskill yang dulu-dulu tuh kan posting di blog dan kali ini harus melakukan penelitian terus bikin kaya penulisan ilmiah😮

Akhirnya bab 1 dan bab 2 berjalan dengan lancar. Ketika masuk bab 3 engga kebayang ternyata susahnya nauzubillah deh. Sampe harus nungguin ada anak kelas yang selesai ngerjain. Alhasil satu kelas copas semua. Pas hari H tugas penelitian harus dikumpulin!!!!!!!!! Waktu sampe kampus aku dan temanku eva berencana buat fotocopy makalahnya terlebih dahulu. Ditempat fotocopy juga banyak anak kelas yang lagi nyiapin buat tugas softskill ini. Tiba-tiba temen kelas yang namanya icha bilang gini “kata ibunya disuruh dijilid dari bab 1 sampe bab 3 jangan lupa daftar pustaka sama kuesioner buat lampiran, ditunggu sampe jam 9”. Oemjiii hellooooowwww akhirnya aku ngejilid semua kuesionernya dan tau berapa total halamannya ??? 138 halaman!!!!! Pokoknya Penulisian Ilmiah yang asli itu hamper sama tebelnya sama tugas softskill.

Setelah udah selesai ngejilid setebel itu aku ke ruang ibunya ya walaupun udah jam 9 lewat siii….., sampe ruangan ibunya itu ada temen kelas yang bilang kaya gini”nanti setengah 3 kesini lagi ibunya mau rapat”. Langsung lemes lah aku sama eva udah ngejilid ampe tebel eh ibunya rapat -___-. Akhirnya kita turun ke bawah ngerjain tugas yang lain dulu hehehe😀. untungnya juga masih ada mata kuliah jam 12an. Setelah selesai mata kuliah tersebut aku dan teman-temanku nyempetin waktu dulu buat makan karena engga sempet sarapan di rumah. Selesai makan jam 2, abis itu kita jam 2 ke mushola untuk sholat sampe akhirnya jam nunjukin pukul 14.30. Kebayangkan nunggu dari jam 9 pagi sampe jam setengah 3 sore tiktok-tiktok banget lah pokoknya.

Ketika sampai di ruangan ibunya kembali ternyata udah banyak anak-anak yang nunggu, dan kita dapet antrian terakhir. Kira-kira jam 17.30 kita berempat (aku, eva, silvia, asri) baru masuk ke ruangan ibunya disana cuma punya aku yang dicoret-coret. Ibunya nanya ada berapa komponen yang dipakai dalam penulisan tersebut dan aku jawab 2, pas ditanya apa aja aku engga bisa jawan soalnya lupa maklum udah tua hehehe. Akhirnya si ibu ini tau kalau kita boleh copas dan ibu itu bilang kalau nilai kita sekelas C -___-. Tapi ibunya masih baik kalau kita akan dikasih nilai A atau B asal bisa buat artikel segila mungkin di blog dari tugas yang dibuat.

Di bagian ini aku akan cerita isi tulisan penulisan tersebut.

Penelitian ini aku beri nama “Penggunaan Debit Card di Kalangan Karang Taruna CIbubur”.

Di dalam penulisan ini ada manfaat kartu plastic, pengertian debit card, dan teori Technology Acceptance Model (TAM).

Dalam penelitian ini aku ampil sample sebanyak 30 responden. Terdiri dari 13 orang pria dan 17 orang wanita. Berikut grafiknya
2

Responden ini kebanyakan berusia 20-25 tahun, berpendidikan SMA atau sederajat, masih sebagai pelajar/mahasiswa dan berpendapatan Rp 500.000 – Rp 1.000.000. Responden ini juga kebanyakan nasabah bank BCA. Berikut grafiknya.
3

4

5

Dari penulisan/penelitian ini saya menggunakan dua komponen yaitu:

Perceived usefulness (persepsi manfaat)
Perceived ease of use (persepsi kemudahan)

Berikut adalah butir kuesioner dari komponen yang pertama yaitu perceived usefulness.
pu

Keterangan:

STS = Sangat Tidak Setuju S = Setuju

TS = Tidak Setuju SS = Sangat Setuju

N = Netral

6

Dari pertanyaan tersebut disimpulkan bahawa dari 30 responden, 1 orang netral, 15 orang setuju dan 14 orang sangat setuju.

7

Dari pertanyaan nomer 2 disimpulkan bahwa dari 30 responden terdapat 13 orang setuju dan 17 orang sangat setuju.

8

Dari pertanyaan nomer 3 disimpulkan bahwa dari 30 responden terdapat 1 orang netral, 20 orang setuju dan 9 orang sangat setuju.

9

Dari pertanyaan nomer 4 disimpulkan bahwa dari 30 responden terdapat 1 orang netral, 24 orang setuju dan 5 orang sangat setuju.

Berikut adalah butir kuesioner dari komponen yang pertama yaitu perceived ease of use.
peou

Keterangan:
STS = Sangat Tidak Setuju S = Setuju
TS = Tidak Setuju SS = Sangat Setuju
N = Netral

10

Dari pertanyaan nomer 1 disimpulkan bahwa dari 30 responden terdapat 18 orang setuju dan 12 orang sangat setuju.

11

Dari pertanyaan nomer 2 disimpulkan bahwa dari 30 responden terdapat 4 orang netral, 24 orang setuju dan 2 orang sangat setuju.

12

Dari pertanyaan nomer 3 disimpulkan bahwa dari 30 responden terdapat 16 orang setuju dan 14 orang sangat setuju.

13

Dari pertanyaan nomer 4 disimpulkan bahwa dari 30 responden terdapat 25 orang setuju dan 5 orang sangat setuju.
Jadi dari dua komponen di atas yaitu perceived usefulness dan perceived ease of use didapat skor ideal.
1. perceived usefulness
skor ideal = jumlah pertanyaan x nilai tertinggi x jumlah responden
= 4 x 5 x 30
= 600
2. perceived ease of use
skor ideal = jumlah pertanyaan x nilai tertinggi x jumlah responden
= 4 x 5 x 30
= 600
Jadi kesimpulannya bahwa masing-masing komponen memiliki skor ideal sebesar 600.

Oke fix akhirnya artikel tentang tugas softskill ini selesai semoga bisa diterima dengan baik dan bisa memperbaiki nilai softskill “Terapan Komputer Perbankan”. Buat kalian mahasiswa/I gunadarma kalau dapet dosen yang bernama Ibu Kartika Sari jangan coba-coba apalagi nekat buat copas tugas yang dikasih karena apa???? Kalian bisa dapet nilai yang tidak memuaskan, ya intinya resikonya kaya saya ini.
Sekian dan Terimakasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s