Perbedaan dan Persamaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial

Manusia adalah makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat. Dalam hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial, manusia selalu hidup bersama dengan manusia lainnya. Bersosialisasi sangat penting bagi manusia karena disitulah manusia mempunyai banyak wawasan, pengetahuan, teman dan lain sebagainya. Ilmu yang mempelajari manusia untuk bersosialisasi dibagi menjadi tingkatan yaitu ilmu pengetahuan sosial yang kita dapat sewaktu duduk di bangku sekolah dasar dan sekolah lanjutan, sedangkan ilmu sosial dasar akan diberikan ketika duduk duduk di bangku kuliah.

Dari pembahasan diatas saya akan membahas tentang Ilmu Sosial Dasar & Ilmu Pengetahuan Sosial.

  • Ilmu Sosial Dasar

Ilmu Sosial Dasar adalah ilmu yang didasari nilai-nilai dalam bermasyarakat, dengan cara mengkaji masalah-masalah sosial yang ada di masyarakat dengan menggunakan fakta, konsep dan teori yang berasal dari berbagai bidang ilmu pengetahuan seperti sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi dan psikologi sosial.

  •  Ilmu Pengetahuan Sosial

Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang nilai-nilai yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sekitarnya. Ilmu pengetahuan Sosial mengajarkan kita dalam berinteraksi yang baik dengan masyarakat sekitar.  ilmu Pengetahuan Sosial dibagi menjadi beberapa ilmu yaitu sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi dan masih banyak lagi.

Perbedaan antara Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial 

  1. Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi sedangkan Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan.
  2. Ilmu Sosial Dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangakan Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
  3.  Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangakan Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.

Persamaan antara Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial 

  1. Ilmu Sosial Dasar Dasar maupun Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan bahan studi untuk program pendidikan.
  2. Kedua-duanya merupakan disiplin akademis.
  3. Kedua-duanya mempunyai materi yang terdiri dari fakta sosial dan masalah sosial.

Sumber:

http://amorezkyhartami.blogspot.co.id/2011/02/ilmu-sosial-dasar-dan-ilmu-pengetahuan.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s