Pranata Sosial

Pengertian Pranata Sosial

Pranata sosial adalah norma atau aturan yang ada di masyarakat. Norma atau aturan dalam pranata sosial dapat tertulis ataupun tidak tertulis. Apabila melanggara normat atau tersebut dapat dikenai sanksi yaitu sanksi hukum (norma tertulis) atau sanksi sosial/moral (norma tidak tertulis). Pranata bersifat mengikat dan relatif lama serta memiliki ciri-ciri tertentu yaitu simbol, nilai, aturan main, tujuan, kelengkapan dan umur.

Menurut Koentjaraningrat, pranata sosial memiliki 8 macam tujuan, yaitu:

  1. Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan sosial dan kekrabatan, yang disebut kinship atau domestic institutions. Contohnya perkawinan, tunangan, tolong menolong antar kekerabatan, poligami, perceraian dan sebagainya.

  2. Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mata pencaharian hidup, memproduksi, menimbun dan mendistribusikan harta benda atau economic institutions. Contohnya pertanian, perikanan, koperasi dan macam-macam perdagangan.

  3. Pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan pengetahuan dan pendidikan manusia atau educational institutions. Contohnya pendidikan masyarakat TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, tempat-tempat kursus dan tempat-tempat pelatihan lainnya.

  4. Pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ilmiah manusia atau scientific institutions. Contohnya berbagai metode ilmiah dan pendidikan ilmiah lainnya.

  5. Pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk menyatakan rasa keindahan rekreasi atau aesthetic and recreational institutions. Contohnya seni suara, seni rupa, seni gerak, seni lukis dan seni sastra.

  6. Pranata sosial yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk berhubungan dengan tuhan atau religius institutions. Contohnya berdoa.

  7. Pranata sosial yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk mengatur kehidupan berkelompok atau bernegara atau politic institutional. Contohnya pemerintahan, demokrasi, kehakiman, kopolisian dan sebagainya.

  8. Pranata yang mengurus kebutuhan jasmani manusia atau spmatic institutionals. Contohnya pemeliharaan kecantikan, kesehatan dan kedokteran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s