7 Unsur Kebudayaan

Dari beberapa pendapat yang ada tentang unsur kebudayaan universal, pendapat C. Kluckhohn sering dijadikan sebagai referensi. Pendapat C. Kluckhohn tentang tujuh unsur kebudayaan merupakan hasil inti sari dari pendapat-pendapat lainnya.
Dalam karyanya yang berjudul Universals Categories of Culture, ia menjelaskan 7 unsur kebudayaan universal yang selanjutnya disebut cultural universals, yaitu sebagai berikut:
  1. Unsur Religi

Unsur religi dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang terpadu antara keyakinan dan praktek keagamaan yang berhubungan dengan hal-hal suci dan tidak terjangkau oleh akal. Sistem religi meliputi, sistem kepercayaan, sistem nilai dan pandangan hidup, komunikasi keagamaan, upacara keagamaan.

Contoh: percaya kepada tuhan atau sang pencipta.

  1. Unsur Kemasyarakatan

Unsur kemasyarakatan juga diperlukan oleh manusia. Manusia mempunyai kecenderungan untuk berkelompok, maka mereka membentuk keluarga dan kelompok sosial lainnya yang lebih besar.

Contoh: membuat karang taruna di rt

  1. Unsur Peralatan

Yang selanjutnya disebut sebagai teknologi, juga mempunyai fungsi yang sangat penting bagi pemenuhan kebutuhan manusia. Dengan teknologi, manusia semakin mudah memenuhi segala kebutuhan.

Contoh: Diciptakannya kendaraan,alat komunikasi dll agar mempermudah aktivitas manusia.

  1. Unsur Mata Pencaharian Hidup

Unsur mata pencaharian hidup merupakan segala usaha manusia untuk mendapatkan barang dan jasa yang dibutuhkan. Sistem mata pencaharian hidup atau sistem ekonomi yang meliputi, berburu dan mengumpulkan makanan, bercocok tanam, peternakan, perikanan, perdagangan.

Contoh: manusia bekerja untuk mendapatkan penghasilan.

  1. Unsur Bahasa

Unsur bahasa sangat dibutuhkan oleh manusia. Tanpa bahasa, baik lisan, tulisanmaupun bahasa isyarat, manusia akan mengalami kesulitan untuk berkomunikasi.

Contoh: menggunakan bahasa daerah untuk mempermudah berkomunikasi di daerahnya

  1. Unsur Pengetahuan

Berfungsi untuk menjawab kebutuhan manusia akan rasa ingin tahu. Dengan pengetahuan, manusia dapat memenuhi segala macam kebutuhan hidupnya.

Contoh: Setiap manusia mempunyai akal dan pikiran yg berbeda2 sehingga satu sama lain saling membutuhkan untuk berbagi ilmu yg dimiliki.

  1. Seni

Secara sederhana kesenian dapat diartikan sebagai segala hasrat manusia terhadap keindahan.Bentuk keindahan yang beraneka ragam itu timbul dari permainan imajinasi kreatif yang dapat memberikan kepuasan batin bagi manusia.

Contoh: seni tari, seni musik

Sumber: http://www.pengertiansosial.com/2015/05/7-unsur-kebudayaan-menurut-koentjaraningrat.html?m=1

http://novanhendra15.blogspot.co.id/2014/04/7-unsur-kebudayaan-dan-contohnya.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s